Mengenal Propeller Shaft

Mekanisme penghubung yang meneruskan daya dari transmisi ke differential ( kendaraan mesin di depan dengan penggerak roda belakang ) .
Ada beberapa jenis sistem penggerak :
  1. Front Engine Wheel Drive ( FF ) , mesin berada di depan , dengan penggerak roda depan.
  2. Front Engine Rear wheel drive ( FR ), mesin berada di depan , dengan penggerak roda belakang.
  3. Rear Engine Rear wheel drive ( RR ), mesin berada di belakang, dengan penggerak roda belakang
  4. Four Wheel Drive ( 4WD ) , mesin dengan penggerak roda depan dan belakang ( 4 roda)




Propeller shaft (pada kendaraan FR dan kendaraan 4WD) memindahkan tenaga dari transmisi ke differential. Transmisi umumnya terpasang pada chassis frame, sedangkan differential dan rear axle (sumbu belakang) disangga oleh suspensi sejajar dengan roda belakang. oleh sebab itu posisi differential terhadap transmisi selalu berubah-ubah pada saat kendaraan berjalan, sesuai dengan permukaan jalan dan ukuran beban.

Propeller shaft dibuat sedemikian rupa agar dapat memindahkan tenaga dari transmisi ke differential dengan lembut tanpa dipengaruhi akibat adanya perubahan-perubahan tadi. Untuk tujuan ini universal joint dipasang pada setiap ujung propeller shatt, fungsinya untuk menyerap perubahan sudut dari suspensi. Selain itu sleeve yoke bersatu untuk menyerap perubahan antara transmisi dan differential.




Pada umumnya propeller shaft dibuat dari tabung pipa baja yang memiliki ketahanan terhadap gaya puntiran atau bengkok. Balance weight (Bandul pengimbang) dipasang dibagian luar pipa dengan tujuan untuk keseimbangan pada waktu berputar.
Pada umumnya propeller shaft terdiri dari satu pipa yang mempunyai dua penghubung yang terpasang pada kedua ujung berbentuk universal joint.

Tipe propeller shaft dua bagian dengan tiga joint kadang-kadang menggunakan bearing tengah yang bertujuan untuk mengurangi getaran dan noise. 








Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengenal Propeller Shaft"

  1. Wah, ane anak mesin industri nih gan, jadi sedikit rada nggak pham temtang bagian-bagian mobil :)) hehehe tapi ane izin nyimak gan :))

    ReplyDelete

Terima kasih telah Support Blog ini, sangat diharapkan komentar yang relevan dan membangun blog ini