Berbagai Macam dan Jenis Tang

Alat atau perkakas ini merupakan salah satu hal yang penting , terutama dalam dunia otomotif . Tapi itu juga dapat digunakan di luar dunia otomotif . Untuk melakukan hal ini kita perlu mengetahui sejauh mana dan jenis tang , dan juga untuk digunakan sesuai dengan fungsinya.

Seiring waktu tang juga mengalami perubahan yang sesuai, baik dari segi material dan aksessori . Kehadiran non-slip permukaan karet , kehadiran tang dilapisi dengan bahan anti - karat dan banyak lagi.

Berikut adalah jenis jenis tang :

1. ) Tang Kombinasi ( Multigripplier )

Tang kombinasi digunakan untuk menahan , memutar dan memotong kabel, seperti konduktor kawat ( kabel ) . Penggunaan tang kombinasi tidak boleh memotong kabel dengan cara tang dipukul dengan palu , karena hal ini akan merusak palu . Ukurannya biasanya 6-7 inci . , Ukuran rahang dapat disesuaikan sesuai dengan objek yang akan dijepit . Hindari penggunaan tang kombinasi sebagai pengganti kunci pas untuk membuka atau mengencangkan sekrup .

2. ) Tang Potong


Tang jenis ini memiliki pisau di sisi dalamnya . Tang ini berfungsi untuk memotong kabel dan kawat . Jangan gunakan untuk memutuskan kawat terlalu keras .

3 ) Tang Lancip ( Tang Curut )


Untuk menjepit dan memotong kawat atau kabel , alat ini mampu mencapai celah yang sempit . Bisa juga digunakan untuk membuat mata sambungan . Biasanya tang lancip juga dilengkapi dengan pemotong kabel .

4 ) Tang Penjepit Spi ( circlipplier / Snap Ring )



Berfungsi untuk menarik bantal kecil dan sebagainya ,memasang atau melepas spi . Tang ini ada dua model yang dibedakan berdsarkan ujungnya yaitu lurus dan bengkok. 

5 ) Tang Jepit ( Tang Grip )



Dilengkapi dengan kunci untuk menjaga kekuatan jepitnya . Dengan cara ini , tang akan tetap ketat/menjepit meskipun genggaman dilepas , digunakan dengan cara memuntir pada ujung tangkainya . Fungsi dari tang ini untuk mengamankan baut dan mur . Ukuran tersedia dalam ukuran 8 inci , 10 dan 12 inci .

6 ) Tang Kabel ( Crimping Plier)



Untuk memotong dan mengupas isolator kabel . Selain itu, dapat digunakan untuk memasang terminal kabel .

7. ) Tang Pemegang



Tang ini dirancang khusus untuk menahan/memegang benda kerja . Tidak dilengkapi dengan bagian pemotong.

8. ) Tang Rivet


Ada dua jenis : biasa dan fleksibel , kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang Fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus dan sudut .

9. ) Tang Slip Joint
Tang standar bawaan mobil dan sepeda motor . Dimana biasanya bonus ketika Anda menerima mobil / sepeda motor . Fungsi ini mirip dengan tang kombinasi , tapi lebih sederhana daripada tang kombinasi .

10. ) Tang KakakTua


Tang ini khusus digunakan untuk memegang atau mencabut paku.

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Berbagai Macam dan Jenis Tang"

  1. Terima Kasih atas infonya Gan (y)
    Ane baru tau ada tang rivet :3

    ReplyDelete
  2. makasih ya..,.,hehe.,br ngerjain tugas..mksih,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa sama sama :D senang telah berkunjung

      Delete
  3. Terima Kasih atas infonya Gan , mampir balik gan

    ReplyDelete
  4. oh jadi tang itu banyak juga
    dan bermacam macam pula fungsinya
    nice info :)

    ReplyDelete
  5. ohh ane baru tau tang ada jenisnya dan ada fungsinya masing masing

    ReplyDelete
  6. Ada lagi, tang urut tang ini di gunakan untuk membantu membuat kawat kecil. Lalu tang tuang hanya saja tang ini khusus di gunakan pengrajin emas dan perak , untuk fungsi lain tang jepit / grip dapat di fungsikan untuk membantu bongka-pasang senapan angin

    ReplyDelete
  7. Makasih ya.. Ijin copy buat tugas

    ReplyDelete

Terima kasih telah Support Blog ini, sangat diharapkan komentar yang relevan dan membangun blog ini