Prinsip Kerja Mesin Bensin 4 Tak ( Langkah )

Salam Otomotif !
Pada kesempatan ini saya selaku author akan membahas tentang Prinsip kerja Mesin bensin 4-stroke(Tak) ,jangan bilang jago otomotif kalau tidak mengenal prinsip dasar mesin bensin 4 tak, langsung saja disimak dibawah ini :


LANGKAH HlSAP


Dalam langkah ini, 
  • campuran udara–bahan bakar dihisap ke dalam cylinder. 
  • Intake valve terbuka sedangkan exhaust valve tertutup. 
  • Waktu piston bergerak ke bawah ( TMB ) menyebabkan ruang cylinder menjadi vakum, 
  • masuknya campuran udara-bahan bakar ke dalam silinder disebabkan adanya tekanan udara luar (atmospheric pressure).



LANGKAH KOMPRESl
Dalam langkah ini, 
  • campuran udara–bahan bakar dikompresikan. 
  • Intake valve dan exhaust valve tertutup. 
  • Waktu piston mulai naik dari TMB ( Titik Mati Bawah ) ke TMA ( Titik Mati Atas ) campuran yang dihisap tadi dikompresi, akibatnya tekanan suhu (tempratur) naik, Jadi akan lebih mudah terbakar. 
  • Crankshaft berputar satu kali, ketika piston mencapai TMA. 




LANGKAH USAHA
Dalam langkah ini, 
  • mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. 
  • Sesaat sebelum piston mencapai TMA pada saat langkah (stroke) kompresi, busi memberikan loncatan bunga api pada campuran yang telah dikompresikan. 
  • Dengan terjadinya pembakaran, kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong piston ke bawah. 
  • Usaha ini yang menjadi tenaga mesin (engine power).







LANGKAH BUANG
Dalam langkah ini, 
  • gas yang terbakar dibuang dari dalam cylinder. 
  • Exhaust valve terbuka, 
  • piston bergerak dari TMA ke TMB, mendorong gas bekas keluar dari cylinder.
  • Saat piston mencapai TMA, akan mulai menuju untuk Persiapan berikutnya, yaitu langkah hisap.
  • Crankshaft telah melakukan 2 rotasi (putaran) penuh dalam 1 siklus terdiri dari 4 langkah, hisap, kompresi, usaha, dan buang yang merupakan dasar kerja dari pada mesin 4 langkah.

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Prinsip Kerja Mesin Bensin 4 Tak ( Langkah )"

  1. saya bingung gan.. karena jurusan saya komputer.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gapapa gan siapa tau komputernya ditambahin mesin otomotiff :D

      Delete
  2. Wah keren, rupanya selama i i begitu ya prinsip motor yang ane pakai

    ReplyDelete
  3. Wah... keren ini infonya ^^ Terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan senang bisa berbagi pengetahuan ^^

      Delete
  4. wah keren infonya walaupun bukan bidang ane
    nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat wawasan aja gan ambil hikmahnya hehe.
      trims gan ;)

      Delete

Terima kasih telah Support Blog ini, sangat diharapkan komentar yang relevan dan membangun blog ini